Tips Memulai Bisnis SPA

Tips Memulai Bisnis SPA

Minimnya bacaan mengenai spa ditambah perlunya haluan yang harus diikuti oleh para pengelola spa mendorong Havin untuk menulis dan menerbitkan buku yang bisa digunakan sebagai panduan. Buku yang sudah diterbikan antara lain berjudul Apa yang alam ajarkan pada kita (mengenai bagaimana seni mengelola spa di mana semua bisa didapat dari apa yang alam ajarkan), Profesionalism (kiat-kiat dan arahan menjadi massage therapists profesional) dan Kartini di antara therapists (pembentukan pola pikir yang positif dalam bekerja dan seni pengelolaan therapists untuk tetap konsisten pada pekerjaan dan kualitasnya).

Menurutnya spa yang ideal adalah yang dapat memberikan sesuatu yang berbeda pada hasil akhir, ada kepuasan, peningkatan dan ketentraman serta keharmonisan antara tubuh, jiwa dan pikiran. Ini didapat bila pelayanan tersebut baik, intinya mencakup perubahan kondisi tubuh, jiwa dan pikiran ke arah yang lebih baik. Saat tubuh sudah lelah dikarenakan aktifitas keseharian, terlebih dengan kemacetan yang banyak ditemukan di semua tempat maka yang sangat di perlukan adalah mengembalikan kondisi tubuh kita untuk kembali bugar. Pikiran yang segar akan membentuk ketenangan jiwa dan keharmonisan. Saat ini kestabilan tubuh, pikiran dan jiwa bisa didapat melalui spa, kata pria yang dalam waktu dekat akan meluncurkan buku yang berjudul Atasan yang tidak mempunyai bawahan ini.

Ditanya mengenai seberapa penting keberadaan spa untuk sebuah akomodasi, beliau menjawab bahwa baginya sangat penting dan sangat menunjang ke depannya. Beliau menilai suatu akomodasi baik resor ataupun yang berlokasi di tengah kota sekarang sudah menjadi kebutuhan gaya hidup yang tidak bisa ditawar. Menurutnya Indonesia adalah negara kedua setelah Thailand yang menjadi surga tujuan Spa di Asia.

Tantangan menjalani bisnis ini menurutnya justru berawal dari sumber daya manusianya (SDM), di mana produk yang di jual lahir dari SDM. SDM yang buruk dalam pelayanan akan melahirkan produk yang buruk, selanjutnya pola pikir yang kuat harus ditanamkan ke mereka. Beliau juga setuju terhadap anggapan bahwa Spa bisa dijadikan komoditas bagi pariwisata, asalkan cara mengemasnya harus benar-benar diperhatikan agar punya daya tarik. Karena tidak semua negara ataupun tempat memiliki konsep spa yang sama, perbedaan dan keunikan ini bila digabungkan dengan budaya dan adat istiadat kita serta ditambah dengan ceritacerita legenda serta mitos-mitos juga ritual-ritual, ini akan menarik, apalagi efek hasil spa tersebut dapat dirasakan masing-masing orang, ucapnya lagi.

Agar bisnis SPA anda mempunyai nilau tambah di mata pelanggan, anda sebagai pemilik sudah wajib memberikan fasilitas pendukung seperti genset solar. Indonesia masih sering sekali mengalami padam listrik kapan saja tidak mengenal waktu, sebagai langkah yang paling tepat guna menyingkirkan masalah tersebut ya hanya menggunakan genset.

Harga genset yanmar 20 kva silent terbilang murah, bahkan sangat sebanding dengan apa yang akan kita dapat setelah membelinya. Jadi kesimpulanya sangat penting sekali setiap tempat usaha mempunyai genset, termasuk usaha SPA.