Tips Membeli Rumah di Pinggiran Jakarta

Harga perumahan di ibu kota yang makin tinggi membuat banyak orang membeli rumah di daerah pinggiran Jakarta. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan ketika Anda akan membeli rumah di daerah pinggiran?

Membeli rumah di pinggiran Jakarta kini menjadi pilihan banyak orang. Harga yang masih terjangkau serta semakin baiknya sarana transportasi dari dan menuju ibu kota, menjadi alasan utama kenapa orang membeli rumah di daerah penyangga. Setidaknya, terdapat 4 wilayah penyangga yang berada di sekitar Jakarta, yaitu Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Masing-masing wilayah memiliki karakteristik yang berbeda.

Jadi, sebelum membuat keputusan untuk membeli rumah, pastikan Anda telah merencanakannya secara matang akan tinggal di mana? Jangan sampai uang Anda terbuang sia-sia karena ternyata rumah pilihan Anda tidak sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, berikut ini beberapa tip seputar beli rumah di pinggir Jakarta.

PILIHAN LOKASI

Banyak lokasi pinggiran Jakarta yang bisa jadi pilihan Anda yang berencana membeli rumah. Namun, sebelum menentukan pilihan sebaiknya pertimbangkan daerah mana yang cocok untuk Anda. Pilihan wilayah ini bisa menyangkut lokasi Anda bekerja, tempat tinggal orangtua, maupun faktor lain seperti harga dan kelengkapan fasilitas. Semakin dekat lokasi tempat tinggal dengan aktivitas harian Anda, maka akan memudahkan mobilitas, serta menghemat waktu dan biaya hidup.

KEJELASAN PENGEMBANG

Saat akan membeli hunian, disarankan untuk memerhatikan pengembang dari perumahan yang akan Anda beli. Pengembang besar yang memiliki nama terkenal tentu disarankan untuk dipilih. Akan tetapi, harga rumah dari pengembang besar terkadang dirasa terlalu tinggi, sehingga membuat sebagian orang beralih menjatukan pilihan pada pengembang kecil. Saat akan membeli rumah dari pengembang kecil, sebaiknya teliti kualitas pengembang tersebut. Anda bisa menelusuri proyek-proyek sebelumnya atau mendatangi langsung lokasi perumahan yang ditawarkan pengembang.

CEK HARGA

Setelah menentukan pilihan tempat, jangan terburuburu membeli. Sebaiknya periksa dulu harga rumah di wilayah yang Anda inginkan. Cek harga bisa Anda lakukan dengan langsung mendatangi lokasi incaran Anda dan membandingkan harga di tiap perumahan. Namun, cara tersebut tentu akan memakan waktu dan biaya yang banyak. Saat ini sudah banyak situs properti di internet Wang KenWediakan da?ar perumahan berikut lokasi dan harganya. Dari situs tersebut, Anda bisa mendapatkan kisaran harga rumah di lokasi pilihan Anda.

PENTINGNYA TRANSPORTASI

Memeriksa sarana transportasi adalah hal wajib yang harus Anda lakukan. Saat ini untuk area Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, sudah tersambung jalur Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline. Ini tentu hal positif. Ada baiknya Anda memilih hunian di pinggir kota yang dekat dengan sarana transportasi KRL. Cek juga jadwal keberangkatan dan pastikan sesuai dengan kebutuhan Anda, sebab layanan di beberapa jalur KRL ada yang masih sedikit jadwalnya. Apabila lokasi hunian pilihan Anda tidak dilalui KRL, pastikan ada moda transportasi umum lain yang tersedia seperti bis dan angkutan umum.Bagi pengguna kendaraan pribadi, akses tol dan kondisi jalan menuju lokasi hunian juga penting untuk dipertimbangkan. Karena di beberapa lokasi pinggiran, masih banyak kondisi jalan raya yang sempit dan rusak yang tentu rentan kemacetan.

FASILITAS PENDUKUNG

Fasilitas pendukung lain seperti rumah sakit, sekolah, pasar (tradisional maupun modern), dan sebagainya tentu harus Anda pertimbangkan. Jika Anda membeli rumah dari pengembang besar, fasilitasfasilitas tersebut biasanya sudah tersedia di dalam perumahan. Akan tetapi, jika Anda membeli rumah dari pengembang kecil, fasilitas pendukung yang digunakan akan bergantung pada fasilitas yang dimiliki wilayah tersebut. Jika wilayah sekitar rumah ternyata masih belum memiliki fasilitas yang lengkap, sebaiknya Anda tidak mengambilnya. Karena, berpotensi menyusahkan Anda.

Fasilitas lainnya yang dibutuhkan di rumah adalah sebuah genset. Manfaat genset adalah untuk sumber listrik pada saat terjadi pemadaman listrik dari PLN. Untuk mendapatkan genset dengan harga yang murah namun berkualitas adalah di distributor suplier resmi genset silent 1500 Kva di Malang. Salah satu suplier resmi genset di Malang adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon untuk setiap pembelian unit baru.