Tips Memakai Baju Menyusui untuk Mama Bagian 2

BERWARNA GELAP

Sebenarnya, baju warna cerah pun tak masalah, tetapi sering kali saat menyusui, ASI tumpah atau merembes ke baju sehingga menampilkan noda. Jika baju berwarna cerah, noda akan sangat terlihat. Untuk meminimalisasi, pilihlah baju berwarna gelap sehingga noda lebih tidak terlihat. Alangkah baiknya, ketika melakukan perjalanan, Mama mempersiapkan baju pengganti secukupnya sehingga bila ASI tumpah atau merembes, Mama bisa segera mengganti baju.

YANG MODIS PUN OKE

Bila Mama tetap beraktivitas saat menyusui dan Mama dituntut untuk tampil menarik, bisa kok Mama tampil modis. Misalnya, Mama pilih kemeja dipadukan dengan rok atau celana, atau menggunakan mini dress dipadukan dengan celana legging. Tentu pilih kemeja berkancing depan sehingga ketika harus menyusui, Mama bisa segera ke ruang menyusui. Saat ini banyak inovasi baju menyusui, baik corak maupun desain, sehingga Mama tetap bisa tampil modis. Namun ingat ya, Mam, perhatikan pula kenyamanan dan kemudahannya dalam memberi ASI, jangan asal supaya bisa tampil modis.

KOMBINASIKAN DENGAN GENDONGAN

Saat ini ada gendongan bayi, baby wrap, yang bisa dikombinasikan dengan baju menyusui. Gendongan atau baby wrap ini didesain agar Mama bisa menyusui bayi di mana pun berada. Jadi, saat menyusui, Mama bisa menutup bayi dan payudara, sehingga tidak terlihat orang lain. Kenyamanan bayi pun tetap terjaga karena gendongan atau baby wrap ini terbuat dari bahan lembut dan elastis.

CARI TEMPAT MENYUSUI

Meski sudah menggunakan baju menyusui, sebaiknya Mama tetap menyusui di tempat khusus menyusui. Sebab, Mama dan bayi butuh ketenangan sehingga ASI lebih lancar dan bayi lebih nyaman menyusu. Ketika menyusui di tempat yang banyak orang, mungkin Mama merasa tidak nyaman dan bayi akan merasakannya. Sangat mungkin bayi akan mudah rewel sehingga waktu menyusui tidak akan lancar dan berhenti. Di tempat-tempat umum seperti bandara saat ini sudah disediakan tempat tersendiri untuk menyusui bagi Ibu yang memiliki bayi. Jadi tidak perlu bingung untuk mencari tempat yang tepat ketika akan menyusui.