Tips Memakai Baju Menyusui untuk Mama Bagian 1

Agar proses menyusui berjalan lancar, baiknya Mama memakai busana khusus ibu menyusui. Karena sangat penting sekali untuk sang bayi mendapatkan ASI sejak dari lahir sampai umur 2 tahun. Jangan sampai hanya karena beberapa hal yang bisa diatur namun tidak dapat menyusui karena hal kecil. Berikut ini adalah beberapa tips untuk baju menyusui.

Usai melahirkan, Mama sangat dianjurkan memberi ASI eksklusif kepada si buah hati. Tak lain karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, kandungan gizinya lengkap dan mudah dicerna sehingga tumbuh kembang bayi lebih bagus.

Tak hanya itu, jalinan emosi antara Mama dan bayi bisa lebih lekat sehingga pertumbuhan psikis bayi bisa lebih stabil. Nah, untuk memudahkan pemberian ASI, baiknya Mama mengenakan busana yang diperuntukkan bagi ibu menyusui.

Jangan sampai terjadi, apabila Mama sedang ingin menyusui akan tetapi karena tidak memakai baju menyusui, menjadi terhalang untuk memberikan ASI kepada si kecil. Terutama ketika sedang melakukan perjalanan, menyusui bayi jadi gagal lantaran baju yang dipakai tak mendukung. Di sini ada sejumlah tip memilih baju menyusui agar nyaman dikenakan.

SESUAI DENGAN UKURAN TUBUH

Seperti memilih baju pada umumnya, Mama harus menyesuaikan ukuran baju dengan ukuran tubuh sehingga pas dan nyaman saat memakainya. I ngat, tubuh Mama belum kembali normal seperti sediakala, masih agak besar, jadi ukur ulang saat membeli baju.

BAHANNYA MENYERAP KERINGAT

Selain ukuran yang harus pas, bahan baju pun harus terbuat dari bahan yang nyaman, seperti katun atau linen yang dapat menyerap keringat dengan baik. Sebab, saat menyusui, Mama biasanya mudah berkeringat dan keringat harus bisa diserap dengan baik sehingga Mama jadi lebih nyaman. Meski modelnya bagus, modis, namun bila tidak nyaman sebaiknya hindari.

BERKANCING DEPAN

Meski baju menyusui memiliki sistem buka tutup pas di area payudara, Mama sebaiknya juga memilih baju berkancing depan. Jika Mama menyusui bayi di ruang ASI sebuah mal, misalnya, Mama bisa lebih leluasa menyusui dengan membuka kancing depan. Sementara baju dengan sistem buka tutup pas di area payudara dapat digunakan dalam kondisi mendesak, semisal Mama tak sempat ke ruang ASI sementara bayi sudah menangis. Tentu, persiapkan kain untuk menutupi area payudara saat menyusui.

baca juga artikel lanjutannya di https://eatrightbroward.org/tips-memakai-baju-menyusui-untuk-mama-bagian-2/