Tes Lensa Canon – EF 35mm f1,4L II USM

Tes Lensa Canon – EF 35mm f1,4L II USM

Jasa Foto Wedding Jakarta – Lensa dengan panjang fokal 35mm merupakan salah satu lensa yang serba guna. Apalagi jika Anda menggunakan kamera dengan sensor fullframe tidak ada crop factor, ini akan menjadikan Anda lebih leluasa untuk memanfaatkan lensa ini. Canon memiliki tiga varian lensa dengan panjang fokal 35mm dengan aperture lebar. Aperture yang paling sempit ditawarkan Canon f2, sementara untuk terlebarnya yaitu f1,4. Terdapat dua buah prime lens yang memiliki bukaan f1,4.

Canon 35mm f1,4L II USM mampu tampil memukau dengan bukaan lebar. Lensa ini mengalami cukup banyak perubahan dibanding dari pendahulunya. Memang dari segi harga Canon 35mm f1,4L II USM cukup mahal. Terjadi kenaikan sebesar Rp 12 juta, tetapi ini cukup sebanding dengan kualitas optik yang digunaka. Kualitas lensa Canon 35mm f1,4L II USM memiliki nilai 100 berbeda jauh dengan versi sebelumnya, wajar saja terjadi kenaikkan harga cukup tinggi. Ketika lensa fix 35mm Canon ini dibekali dengan motor ultrasonik guna mempercepat pencarian titik fokus. Selain mengeluarkan lensa 35mm dengan bukaan 1,4, Canon juga meluncurkan lensa dengan panjang fokal yang sama namun memiliki bukaan sedikit lebih sempit f2. Menurut kami lensa ini sedikit overprice yang mencapai hingga Rp 7,4 juta.

Nikon – AF-S Nikkor 35mm f1,4G

Hal yang menarik terjadi pada persaingan lensa fix 35mm untuk Nikon. Nikon AF-S Nikkor 35mm f1,8G ED mampu mengalahkan lensa Nikon lainnya yang mempunyai bukaan lebih lebar. Ketajaman gambar dari tengah hingga tepi tergolong merata, dan juga memiliki autofocus yang cukup cepat. Sementara itu Nikon AF-S 35mm Nikkor f1,4G mengalami penurunan ketajaman tepi yang cukup tinggi. Tidak hanya soal ketajaman saja, Nikkor 35mm f1,8 ED juga mampu meminimalisi efek chromatic aberration dengan baik.

Dengan begitu gambar yang dihasilkan akan semakin clear dan tajam. Kedua buah lensa Nikon ini disematkan sebuah motor ultrasonic yang membantu mencari titik fokus lebih cepat lagi. Lensa Nikon ini memiliki sebuah karet pelapis untuk menjaga lensa agar tidak lembab. Selain itu, dalam paket pembeliannya terdapat juga hood lensa yang melindungi dari cahaya keras yang akan masuk ke dalam lensa. Dengan bukaan lebih lebar Nikkor f1,4 ED memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan Nikkor f1,8G.