Memadai Untuk Selfie Bagian 3

Kamera

Kameranya, untuk ukuran resolusi 5 megapixel, memberikan hasil yang tidak malu-maluin. Pada kondisi pencahayaan memadai, warna-warna yang diserap dari objek foto dikembalikan secara relatif utuh dan sekualitas warna aslinya. Demikian juga ketika ditugasi memotret makro, M1 tak mengecewakan, detil objek tertangkap dengan baik. Hasil foto yang berkualitas tersebut sepertinya berkat topangan teknologi BSI (Back Side Illuminated) pada kamera.

Teknologi ini diklaim bisa menghasilkan gambar yang lebih terang dan lebih tajam dengan kerapatan gambar sampai 1,4 micro. Picophone M1 ini didaulat sebagai ponsel selfe oleh Axioo. Oleh sebab itu kamera depannya diberi resolusi yang memadai untuk keperluan memotret diri, yaitu 2 megapixel. Resolusi ini sudah mencukupi untuk foto selfe yang biasanya “hanya” end-up di albumalbum jejaring sosial atau profil picture yang notabene biasanya sudah diedit habis-habisan agar kelihatan cantik atau ganteng.

Resolusi memang cukup, namun output foto kamera ini agak kemerahan, yang kurang menguntungkan bagi foto diri. Ini terutama terjadi dalam pemotretan di ruangan. Sebaliknya pada kondisi cahaya terang, hasil foto cenderung ?at dan cenderung over jika kita tak membidikkan kamera dengan baik. Tapi karena layar menghadap ke arah kita saat berselfe-ria, situasi tersebut bisa dikendalikan dengan mencoba-coba sampai hasil terbaik tampil di layar.

Keberdayasaingan

Kompetisi yang harus diarungi M1 di lapangan akan berkisar soal isu-isu prosesor dan kamera dengan lawan ponsel-ponsel Android merek lokal. Pada kisaran harga 1,2 juta rupiah, celakanya, terdapat ponselponsel yang menawarkan resolusi 8 megapixel, namun masih jarang yang memberikan kamera depan 2 megapixel untuk selfe.

Demikian juga dengan prosesor dual core berclock speed 1,2 GHz juga sudah banyak ditawarkan. Di antara beberapa ponsel merek lokal yang jadi penantang, Mito A50 Fantasy dan Cross A26 merupakan saingan ketat, meskipun kecepatan prosesor yang mereka patok masih 1 GHz-an. Dalam soal ini Picophone boleh membusungkan dada. Dalam soal kamera, Mito Fantasy juga hanya menyuguhkan 5 megapixel dan VGA, sedang Cross A26 hadir dengan kapasitas 8 megapixel dan 1,3 megapixel.