Melatih Keberanian dan Cepat Mengambil Keputusan Lewat Motocross Bagian 2

ATLET TERMUDA

Saat ini, Reyhan ikut di kelas SE 50 CC. Itu kelas awal dalam motocross dengan menggunakan motor KTM yang sudah dimodifikasi, terutama menyesuaikan dengan postur sang anak. Mesinnya pun sudah di-upgrade, ada penggantian knalpot dan katup buluh atau membran, selebihnya standar. Untuk target Reyhan di bidang motocross, saya belum memikirkan karena ini baru awal. Saya sudah syukur, Reyhan mau mengikuti kejuaraan dan finis.

Segala sesuatunya butuh proses. Kalau di awal sudah diberikan target akan menjadi beban buat si anak. Asalkan dia sudah memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan nyaman sudah bagus. Tahun lalu Reyhan mengikuti Kejuaraan Nasional Motocross Seri 12 di Malang, Jawa Timur dan menempati posisi 8. Demikian pula ketika mengikuti Kejuaraan Motocross Seri 13 di sirkuit Kubutambahan, Singaraja, Bali. Pada kedua kejuaraan nasional tersebut, Reyhan mengambil kelas SE 50 CC.

Reyhan mendapat penghargaan berupa piala sebagai peserta termuda, usia 5 tahun, dan berhasil mencapai finis. 3iala ini semakin memotivasi Reyhan untuk tampil lebih baik lagi. Tahun lalu, Reyhan juga mendapat penghargaan dari PP IMI Pusat, dinobatkan sebagai Atlet Termuda Berprestasi 2014. Mengikuti kejuaraan akan membuat anak lebih cepat maju karena saat balapan, adrenalin terpacu, ada semangat untuk menang.

Ketika anak mengikuti pertandingan, sebaiknya orangtua menanamkan sema ngat untuk selalu menjadi yang ter depan. Saya selalu meng upayakan anakanak ikut lomba atau balapan karena si anak bisa belajar secara tak langsung dengan mencuri ilmu dari pembalap lain.