Keberagaman Membangun Kreativitas Bagian 1

Wanita dengan jenjang karier bagus dan memiliki keluarga bahagia, kenapa tidak? Itulah yang dialami Farra Tiana Siregar, ASEAN Managing Director Corteva Agriscience™, divisi pertanian DowDuPont – perusahaan pertanian terkemuka dunia berbasis sains. Apa kunci sukses pe rem puan berdarah Medan, Sumut dan Palembang, Sumsel ini dalam berkarier dan berkeluarga? Dukungan Keluarga Farra, begitu sapaan akrabnya, menuturkan, menjadi wanita karier tidaklah mudah. Ada keluarga yang harus menjadi perhatian utama di samping pekerjaan. Ia mengaku beruntung karena keluarga inti beserta keluarga besar sangat mendukung kiprahnya dalam bekerja. “Bapak, ibu, suami saya sangat suportif. Saya rasa itu salah satu yang paling penting buat wanita karier. Bangun sistem pendukungmu,” ucapnya semringah.

Dukungan besar keluarga sangat Farra rasakan dalam merintis karier. Apalagi, ibu satu anak ini mengalami pergerakan karier yang cukup pesat. Itu juga yang mengharuskannya berpindah tempat tinggal dan kerap melakukan perjalanan bisnis antarnegara, seperti Amerika, Singapura, Vietnam, dan Indonesia. “Banyak sekali career movement (pergerakan karier). Kalau keluarga dan suami saya nggak support (mendukung), bakal susah sekali,” katanya kepada AGRINA. Karier Farra dimulai di lembaga konsultasi The Boston Consulting Group untuk Amerika dan Asia Tenggara. Pada 2003 ia bergabung dengan DuPont sebagai Marketing Manager DuPont Packaging & Industrial Polymers Business di Amerika.

Dua tahun kemudian ia pulang ke Indonesia dan berkarier sebagai Oil & Gas Mana ger di grup pengembangan bisnis baru DuPont ASEAN. Penggemar makanan ketoprak dan camilan tahu goreng ini pindah ke Singapura membawa jabatan Asia Pacific Plastic Market Development Manager di DuPont Titanium Technologies (DTT) pada 2007. Lalu Farra pindah ke Vietnam pada 2011 seiring penunjukan menjadi Managing Director DuPont Vietnam. Dua tahun berselang, peraih gelar MBA dari Yale Uni versity, Amerika ini balik ke Singapura sebagai Sales Director DTT Asia Pasifik. Ia sempat bergabung dengan Royal Dutch Shell sebagai Global GM for Marketing, Pricing and Business Development akhir 2013. Penikmat olahraga berenang dan snorkeling ini kembali ke DuPont sebagai Asia Pacific Regional Business Director for DuPont Building Innovations pada 2015.