Karakter dari Anak yang Harus Dikembangkan

Menghormati Orang

Lain Karakter ini salah satunya dapat dikembangkan melalui mengajarkan perilaku antre, memberi kesempatan orang lain untuk berbicara, berbicara sopan, dan memanggil seseorang dengan menggunakan kata sapa (bapak/ibu/kakek/nenek/kakak/mas/ mbak/adik) sebelum memanggil nama orang tersebut.

Menjaga Hubungan dengan Orang Lain

Sebagai makhluk sosial, sudah sewajarnya jika orangtua juga mengajari anak untuk menjaga hubungan dengan orang lain, menjalin silahturahmi dengan orang lain. Menanyakan kabar orang-orang yang berhubungan dengan anak, melibatkan anak saat orangtua sedang menelepon atau mengunjungi kerabat, teman masa sekolah otangtua, serta tetangga yang sudah pindah adalah salah satu bentuk mengembangkan karakter anak dalam menjaga hubungan dengan orang lain.

Kasih Sayang

Rasa kasih sayang antara anak dengan sesamanya dapat dikembangkan dengan melibatkan anak di kegiatan sosial, seperti mengunjungi teman yang sedang sakit atau mengunjungi panti asuhan serta memberikan bantuan untuk korban bencana alam. Orangtua dapat mengajak anak untuk mempersiapkan kunjungan ke panti asuhan, dari membahas mengenai aktivitas apa saja yang dapat dilakukan.

Mengumpulkan barang apa saja yang mungkin menjadi kebutuhan anak-anak di panti asuhan, hingga mengajak anak menyisihkan uang jajan yang dimiliki. Kehidupan sehari-hari juga dapat menjadi sarana menanamkan rasa kasih sayang pada sesama. Misalnya, saat naik transportasi umum ada nenek yang tidak mendapat tempat duduk, maka kita dapat memangku anak dan mempersilakan nenek untuk duduk.

Bekerja Sama

Melatih anak agar dapat bekerja sama dapat dilakukan melalui aktivitas bermain secara berkelompok ataupun meminta anak membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Saat melatih anak untuk mampu bekerja sama, sebaiknya orangtua membantu anak untuk mengembangkan sikap inisiatif mengambil peran sebagai pemimpin, namun secara berimbang juga dapat mengambil peran menjadi follower demi keberhasilan tim. Dampingi anak untuk memahami manfaat positif apabila sebuah pekerjaan dilakukan bersama dan membedakan pekerjaan apa yang sebaiknya dilakukan dengan bekerja sama atau mandiri.

Untuk anak yang akan mengkuti tes IELTS berikan ia bekal pelatihan di tempat terbaik kursus IELTS Jakarta. Sehingga anak bisa mengerjakan semua soal tes dengan lancar.