Intel NUC (Next unit Computing)

Intel NUC memiliki beberapa varian berdasarkan prosesor yang digunakan, seperti Intel Atom, Intel Celeron, Intel Core i Series 3rd Gen, dan Intel Core i Series 4th Gen. Semua varian dari Intel NUC menggunakan form factor baru yang khusus dicipitakan oleh Intel dengan nama UCFF (Ultra Compact Form Factor). Seperti yang dijelaskan pada bagian pembuka, UCFF memiliki dimensi 100 x 100 mm, cukup jauh berbeda dibandingkan produk mini-PC lainnya. Mirip seperti GIGABYTE BRIX, Intel NUC juga memberikan interface dan konektivitas yang biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti USB 3.0, port HDMI, dan Ethernet LAN. Paket penjualan Intel NUC tidak menyediakan memori SO-DIMM dan hard disk. Akan tetapi, beberapa distributor lokal sudah melengkapi Intel NUC dengan memori dan hard disk sehingga bisa langsung digunakan.

KESIMPULAN

Standar baru yang dikeluarkan oleh Intel melalui UCFF (Ultra Compact Form Factor) semakin memperkaya varian mini-PC dengan bentuk yang lebih ringkas. Bahkan, dilihat dari ukurannya, mini-PC tidak terlihat seperti sebuah perangkat komputasi. Namun, dengan ukurannya yang super kecil bukan berarti performanya tertinggal jauh dari komputer yang memiliki ukuran lebih besar. Seluruh fungsi dan konektivitas yang biasa kita temukan pada komputer juga tersedia pada mini-PC. Mini-PC tidak mampu menjalankan game dengan baik. Benarkah? Coba tengok terlebih dahulu spesifikasi ASRock VisionX.

Dengan dedicated graphics AMD Radeon R9-M270X berkapasitas 1 GB, ASRock VisionX mampu menjalankan game dengan baik. Hal ini tentunya membuktikan bahwa mini-PC bukan lagi sekedar perangkat pelengkap, namun dapat menjadi perangkat utama yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan dimensi super kecil, membuat mini-PC memiliki fleksibilitas dan mobilitas yang tidak kalah dengan notebook. Anda bisa tempatkan mini-PC di ruang keluarga sebagai Home Entertainment System atau pindahkan langsung ke meja kerja untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kantor.