Hobi Isap Jempol

Dear Dokter Rifan, putra saya (5), kok masih hobi mengisap jempol? Bagaimana cara membuang kebiasaan ini , Dok? Apakah mengisap jempol dapat memperburuk susunan gigi? Mohon saran Dokter Rifan. Priska Maulana – Depok Mengisap jempol (thumb sucking) pada anak berusia lebih dari 1 tahun sering disebabkan oleh faktor psikologis. Thumb sucking sering kali menjadi pelampiasan pemenuhan rasa nyaman dan aman pada kondisi tertentu seperti saat tidur dan sebagainya.

Banyak terjadi, anak yang kedua orangtuanya bekerja merasa depresi/kangen sehingga melampiaskannya dengan cara mengisap jari. Kondisi lain adalah lingkungan yang cukup tinggi kondisi emosionalnya seperti sering dimarahi, dibentak dan sebagainya. Mengisap jari tidak mengganggu pertumbuhan gigi geligi. Namun pada beberapa kasus, terutama bila perilaku mengisap jarinya terlampau berlebihan, dapat menyebabkan bentuk rahang atas berubah seperti lebih menonjol ke depan.

Tampilan Wajah Seperti Anak Down Syndrome

Ibu Mayke yang baik. Bayi saya umur 7 bulan. Dari wajahnya ada kemiripan dengan penderita Down Syndrome. Untuk Ibu ketahui, berat lahir 3,3 kg, panjang 51c m, sekarang berat 7,5 kg panjang 69 cm, lingkar kepala 43 cm. Perkembangan motorik sekarang sudah berguling-guling, mengoceh dengan keras, bisa mengambil mainan, kaki tangan bergerak aktif, duduk dengan bantuan.

Hanya masalahnya kalau digendong lehernya belum tegak, tetapi kalau lagi tengkurap, bisa tegak dan mengangkat badannya. Yang ingin saya tanyakan, apa ciri-ciri anak DS mengingat wajah anak saya ada kemiripan dengan penderita DS? Umur berapa bisa dites kemungkinan ada tidaknya DS? Terima kasih atas jawaban Ibu Mayke. Wiwied Nursiwan – Bogor Pak Wiwied, untuk menegakkan diagnosis DS, sebaiknya segera Bapak konsultasikan pada dokter-dokter di Bagian Tumbuh Kembang Anak agar diperoleh kepastian dan penanganannya, sebab ada kalanya mereka mengalami gangguan pada jantung dan pencernaan.

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing khususnya bahasa Jerman bisa mengikuti program belajar di Bimbel berbahasa Jerman terbaik se-Jakarta. Karena pengajar disana merupakan yang profesional dalam bidangnya.