Hancurkan Tumpukan Data

Teknorus.com – File besar dan ­file ganda menyumbat hard disk. Program analisis dapat mengendus mereka dan segera menghapusnya.

1 Cari dan Hapus Pemakan Hard Disk Melalui WinDirStat, Anda dapat mengetahui file apa saja yang boros ruang. Aplikasi ini menampilkan informasi data dalam warna berbeda. Setiap warna menggambarkan jenis file. Jika Anda mengklik tile terbesar di bagian bawah, WinDirStat akan menunjukkan file-file yang memakan kapasitas sistem. Di sini, Anda dapat menggunakan tombol mouse kanan untuk memperbesar dan membuka Explorer melalui menu konteks. Anda dapat memutuskan apakah file ingin dihapus atau dipertahankan.

Baca juga : Gudang Movie

2 Cari File Duplikat (Ganda) Aplikasi Anti-Twin dapat membandingkan dua buah file secara spesifik, byte demi byte. Untuk menggunakannya, klik “File filter” dan tentukan ukuran file minimal sebesar 10 KB. Selanjutnya, batasi proses perbandingan file dalam “Only files with the following extensions” dengan memilih jenis file yang akan dibandingkan lalu klik “OK”. Setelah memilih “Basic Folder”, aktifkan “2nd folder” untuk membandingkan di folder yang berbeda. Jika Anda mengurangi nilai “Match min”menjadi “90%”, AntiTwin dapat menemukan file yang identik.

3 Bersihkan File Duplikat Pada akhir proses analisis, Anti-Twin menyajikan daftar file yang identik. Dari daftar ini Anda dapat menentukan file duplikat yang akan dihapus. Klik kotak di samping file sampai berubah menjadi “x” untuk menghapusnya. Anda dapat menggunakan “Selection by properties” dengan berbagai opsi penghapusan.

4 Mendeteksi Foto Duplikat VisiPics dapat menemukan foto duplikat, walaupun dengan resolusi yang berbeda atau motif gambar yang serupa. Tingkat kesamaan dapat ditentukan dengan menggunakan ” Filter”. Setelah Anda memulai analisis, VisiPics menampilkan duplikat foto di sebelah kiri. Anda dapat melakukan perintah “Delete”.

5 Cari Lagu yang Identik Melalui Similarity, Anda dapat men-scan dan mencari file audio duplikat. Di bagian “Tools | Options”, Anda dapat menggunakan slider untuk mendeteksi “Tag” yang ada di setiap file lagu.