Hal Penting Dalam Memelihara Mesin Genset

Hal Penting Dalam Memelihara Mesin Genset

Genset atau generator set telah bertransformasi menjadi kebutuhan primer di wilayah perkotaan. Hal ini disebabkan oleh pemadaman listrik yang sering terjadi. Oleh sebab itu, agar konsumsi listrik tetap terjaga, maka genset menjadi pilihan masyarakat modern saat ini. Genset merupakan barang produksis manusia sehingga perlu memperhatikan tata cara perawatan agar dapat digunakan dalam kurun waktu lebih lama.

Jenis-jenis Genset

Pasar genset Indonesia menawarkan berbagai genset dengan kualitas dan kapasitas terbaik. Pertama adalah mesin genset diesel disebut sebagai generator set paling merakyat karena dapat  ditemukan di rumah-rumah. Kapasitas mesin genset diesel cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik seharian yakni mulai 500 watt sampai 2.000.000 watt.

Mesin genset gas tergolong praktis digunakan dan memerlukan gas alam seperti CNG dan LPG sebagai bahan bakarnya. Untuk mesin genset gas harus dilengkapi pipa gas. Tujuannya untuk mendistribusikan secara langsung genset dengan bahan bakar seperti CNG.Selanjutnya adalah mesin genset turbin dengan kapasitas besar lebih dari 2.000.000 watt.

Genset turbin disinyalir mampu memenuhi aliran listrik dalam skala besar seperti di pusat perbelanjaan. Ada juga genset portable yang sangat praktis dibawa karena ukurannya kecil. Terakhir yakni mesin genset bensin dengan kapasitas maksimal 10.000 watt dan telah menjadi andalan segala umat. Semua jenis genset tersebut dapat dipesan melalui supplier genset makassar.

Tips Perawatan Mesin Genset

Genset memerlukan perawatan dan pemeliharaan agar dapat berumur panjang. Pemeliharaan pada genset bertujuan agar kinerjanya tetap stabil meskipun telah lama digunakan. Oleh karena itu kiat pertama adalah memastikan pengoperasian genset benar sesuai dalam buku panduan. Ketika pengoperasiannya ditemukan kejanggalan, jangan ragu untuk langsung mematikannya.

Tempat meletakkan genset juga dianjurkan pada tempat yang aman. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan genset khususnya bagian radiator. Pengguna juga harus memperhatikan spare part genset, jika dirasa telah lama sebaiknya komponen tersebut diganti. Saat menghidupkan genset sebaiknya ditempat yang bersirkulasi udara terbuka.

Agar tidak terjadi gangguan arus listrik yang dihasilkan, maka perlu dilakukan pengecekan kabel komponen secara berkala. Penggunaan bahan bakar pada genset jangan sampai habis ketika genset bekerja karena dapat mengakibatkan kerusakan. Selain itu, bagian yang perlu diperiksa seperti distilled water dan oli mesin. Jangan lupa untuk memanaskan genset ketika menghidupkannya.