Gardu Listrik di Pandeglang Padam Karena Tsunami

Perusahaan PLN melaporkan tsunami dari selat sunda yang menerpa di sepanjang pantai pandeglang, Banten, pada hari Sabtu 22 Desember 2018 mengakibatkan rusaknya beragam infrastruktur kelistrikan sehingga distribusi listrik di pandeglang dan sekitarnya terganggu.

Listrik di Pandeglang

I Made Suprateka selaku kepala Satuan Komunikasi Kooporat PLN menjelaskan, pihaknya kini masih berupaya menormalkan kembali jaringan listrik pada wilayah tersebut. Sebab ratusan gardu terpantau masih belum berfungi karena terendam air setelah tsunami datang.

“Mengenai situasi terakhir kelistrikan setelah bencana, sekarang ini pihak PLN tengan melakukan proses pernomalan listrik kembali dengan tindakan perbaikan pada gardu serta meninvestigasi jaringan,”tutur Made.

Made menyebutkan, ada 146 gardu yang sudah berhasil dinyalakan kembali, sedangkan gardu yang belum bisa dinyalakan berjumlah 102 gardu. “Selain itu, masih ada sebanyak 20 tiang SUTM (Saluran Udara Tegangan Menengah) ambruk akibat terjangan dari tsunami,” kata Made.

Made menceritakan, ketika peristiwa itu terjadi, PLN transmisi wilayah Jawa Barat, Banten, sedang mengadakan acara di Tanjung Lesung, Banten. Jumlah peserta yang hadir pada acara tersebut sebanyak 260 orang yang merupakan pegawai PLN dan anggota keluarganya.

Akibat dari peristiwa tersebut, peserta yang hadir, sebanyak 14 orang meninggal dunia. Sedangkan 89 orang lainya belum dapat ditemukan dan 157 orang selamat meskipun mengalami luka-luka.

Saat ini pihak PLN terus mendata dan melakukan upaya pencarian kepada semua peserta yang belum dapat ditemukan. Oleh karena itu dibentuklah tim gerak cepat tanggap bencana serta mendatangkan 36 unit ambulance ke lokasi kejadian guna membantu proses evakuasi yang sedang berjalan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengabarkan bahwa gelombang dahsyat di Selat Sunda yang menerpa Lampung, Pantai Anyer serta Banten adalah tsunami. Diduga ombak besar terjadi karena longsor akibat erupsi dari Gunung Anak Krakatau.

Mengerikan sekali ya dampak dari tsunami ini. Selain merusak infrastruktu dan bangunan, tsunami juga menimbulkan korban luka dan korban jiwa yang jumlahnya belum dapat dipastikan. Nah untuk anda yang sekarang ini terdampak pada pemadaman listrik akibat gardu listrik yang belum bisa nyala seutuhnya, tidak ada salahnya menggunakan mesin genset supaya mendapatkan energi listrik. Tidak mahal harganya, misalnya saja untuk harga genset yanmar 10 KVA bisa ditebus dengan nominal yang terjangkau.