Anak Harus Mengonsumsi Makanan Organik

Anak sulit makan, siapa orangtua yang tak mengalaminya? Begitu pun dengan Denada. Apa hubungannya dengan makanan organik? Kadang susah, kadang gampang, semua Mama pasti punya masalah ini,” ujar Tambunan Denada Elizabeth Anggia Ayu (36), yang lebih dikenal dengan Denada. “Orang dewasa juga gitu kan, kalau lagi malas makan, ya tidak mau makan,” tambah istri dari fotografer Jerry Aurum (39) ini. Betul sekali!

Maka, Denada pun harus pintar-pintar memvariasikan menu supaya buah hatinya, Shakira Aurum (2), tetap mau makan. “Sambil dibujuk-bujuk biasanya Shakira mau makan,” kata Denada mengungkap kiatnya.

Bagi Denada, urusan makan sang buah hati memang tidak main-main. Berawal dari ASI eksklusif yang dilanjutkan dengan MPASI dan ASI hingga Shakira berusia 2 tahun. Itulah mengapa, sejak si kecil diperkenalkan dengan MPASI, Denada selalu memberikan makanan organik bagi buah hatinya itu. “Sayurnya, buahnya, berasnya, pokoknya semuanya!” tegas Denada. Termasuk lauk pauknya, seperti: ayam kampung organik, telur ayam kampung, bahkan ikannya pun harus diseleksi yang sehat dan segar.

Pilihan makanan organik diyakini lebih sehat untuk menghindari penyakit degeneratif, seperti kanker, kelak. Karena itulah, Denada langsung terjun sendiri memilih makanan-makanan tersebut ke supermarket. “Saat ini juga sudah mudah membeli makanan organik, ada yang tinggal telepon lalu diantar,” ujar penyanyi yang nge-top lewat tembang rap “Kujelang Hari” Ini.

Tak hanya Shakira, Denada pun berusaha mengonsumsi makanan organik. “Kalau saya kerja seharian di luar, bawa rantangan dari rumah dan harus organik,” tegas Denada yang belakangan meluncurkan album dangdut seperti “Matahari”, “Mae”, “ST”, dan “Nonstop Dangdut”. Memang, Denada mengakui kalau nanti bakal sulit menghalangi Shakira mengonsumsi makanan nonorganik. “Pada akhirnya saya tidak bisa menahan anak saya untuk tidak makan sosis, nugget, atau lainnya,” kata Denada.

Pasalnya, Shakira akan sekolah dan bergaul di luar yang sulit bagi Denada untuk mengontrolnya terus. “Tetapi selama saya bisa mengontrol, maka akan saya kontrol, seperti saat ini, semua makanan Shakira dibikin sendiri,” kata Denada. Jangan khawatir. Jika sejak kecil sudah dibiasakan mengonsumsi makanan sehat, biasanya akan terus terbawa sampai besar, kok.

Tips Membuat anak mau makan buah

1. Denada sengaja memberikan matras bergambar huruf dan angka. “Sambil bermain, Shakira bisa mengenalnya,” kata Denada. “Ini huruf apa? G for grapes,” jelas Denada. “Ini warna purple, green, yellow…,” Denada menjelaskan aneka warna.

2. “Shakira mewarisi bakat neneknya yang luar biasa,” ujar Denada sambil menyebut Emilia Contessa, ibunya. “Dia cepat sekali menghafal lagu, seperti lagu ‘Let It Go’,” kata Denada. Shakira pun beraksi dengan mikrofon mainannya.

3. Denada membuka kulkas, wow banyak sekali buah. “Yuk, kita makan buah!” ajak Denada pada Shakira. Dengan semangat, Shakira melahap buah yang dikupas oleh Sang Mama. “Buah ini organik, sangat baik untuk kesehatan,” kata Denada.